Jenis kabel listrik berdasarkan kegunaannya

Comments · 90 Views

Kabel listrik memiliki tujuan untuk menyalurkan energi listrik dari satu titik ke titik lainnya. Tergantung pada aplikasi akhirnya, kabel dapat memiliki konfigurasi yang berbeda, selalu mendasarkan desainnya pada peraturan nasional dan internasional.

Kabel untuk panel listrik

Kabel fleksibel untuk memasang kabel lemari listrik. Kabel listrik ini sangat cocok untuk keperluan rumah tangga, untuk pemasangan di tempat umum dan untuk kabel internal lemari listrik, kotak sakelar dan peralatan listrik kecil.

Kabel listrik

Kabel energi untuk fasilitas industri dan tempat umum. Adalah umum untuk menemukan kabel daya dalam aplikasi untuk transmisi daya di semua jenis sambungan tegangan rendah, untuk keperluan industri dan untuk penggerak frekuensi variabel (VFD). Kabel ini juga sering disebut dengan kabel elektronik karena sering digunakan untuk berbagai kebutuhan kabel peralatan elektronik.

Kabel lapis baja

Kabel dengan tulangan aluminium atau baja untuk instalasi dengan risiko agresi mekanis. Juga umum untuk menemukan kabel lapis baja di tempat-tempat di mana hewan pengerat hadir, serta di instalasi di tempat dengan risiko kebakaran dan ledakan (ATEX).

kabel karet

Penggunaan kabel karet ekstra fleksibel sangat bervariasi. Kita dapat menemukan kabel karet di instalasi industri tetap maupun dalam layanan bergerak. Kabel las harus memiliki selubung karet, yang memungkinkan arus tinggi ditransmisikan antara generator las dan elektroda.

Kabel bebas halogen

High Security Halogen Free (LSZH) Kabel dengan asap rendah dan emisi gas korosif jika terjadi kebakaran cocok untuk digunakan pada kabel panel listrik dan tempat umum, instalasi dari semua jenis di tempat umum, turunan individu, sirkuit darurat, jaringan distribusi publik dan juga untuk layanan seluler.

Kabel tahan api

Kabel ini dirancang khusus untuk mentransmisikan energi listrik dalam kondisi ekstrim yang terjadi selama kebakaran berkepanjangan, menjamin pasokan ke peralatan darurat seperti sinyal, ekstraktor asap, alarm akustik, pompa air, dll. Penggunaannya direkomendasikan di sirkuit darurat di tempat-tempat dengan persetujuan publik.

Kabel kontrol

Kabel kontrol untuk instalasi tetap atau bergerak harus sangat fleksibel, karena terutama dirancang untuk peralatan rumah tangga kecil, untuk interkoneksi bagian-bagian mesin yang digunakan untuk manufaktur, untuk sistem sinyal dan kontrol, untuk koneksi motor atau konverter frekuensi, untuk transmisi sinyal. dimana tegangan yang diinduksi oleh medan elektromagnetik eksternal dapat mempengaruhi sinyal yang ditransmisikan atau untuk sambungan catu daya untuk menghindari pembangkitan medan elektromagnetik.

Kabel instrumentasi

Ini adalah kabel fleksibel dan terlindung untuk transmisi sinyal antar peralatan di instalasi industri. Sangat cocok untuk transmisi data yang optimal di lingkungan dengan tingkat interferensi elektromagnetik yang tinggi.

Kabel surya

Kabel ini sangat cocok untuk menghubungkan panel fotovoltaik, dan dari panel ke inverter DC ke AC. Berkat desain bahan dan penutupnya, yang sangat tahan terhadap radiasi matahari dan suhu ekstrem, mereka dapat dipasang di luar ruangan dengan jaminan penuh.

kabel khusus

Ada berbagai macam kabel listrik untuk instalasi khusus seperti: instalasi karangan bunga ringan sementara di pameran dagang; koneksi untuk derek, kerekan, dan lift di atas kepala; aplikasi di pompa terendam dan area air minum seperti akuarium, sistem pemurnian, air mancur minum atau di kolam renang untuk sistem penerangan, pemurnian, dan pembersihan.

Kabel aluminium

Kabel aluminium untuk transmisi daya cocok untuk pemasangan tetap di dalam ruangan, di luar ruangan dan/atau di bawah tanah.

Lihat juga: https://blog.ioit.acm.org/stockpost/keunggulan-dan-kekurangan-kabel-sesuai-jenisnya/